Dinilai Kota Layak Anak, Banda Aceh Raih Penghargaan

Berita, Politik70 views

BANDAPOS.COM : Pemerintah Kota Banda Aceh meraih penghargaan sebagai Kota Layak Anak (KLA) Kategori Nindya pada saat malam apresiasi Kota Layak Anak (KLA) tahun 2023 berdasarkan evaluasi tahun 2022.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) Republik Indonesia, Bintang Puspayoga kepada Pj Walikota Banda Aceh, Amiruddin, SE, MSi, yang diwakili oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Banda, Aceh, Cut Azharida, SH, di Semarang, Sabtu (22/7/2023).

Penganugerahan penghargaan Kota Banda Aceh sebagai KLA kategori nindya merupakan kedua kalinya setelah tahun lalu Banda Aceh juga meraih penghargaan yang sama pada kategori yang sama pula.

“Alhamdulillah, ini penghargaan untuk warga kota Banda Aceh. Penghargan Nindya ini menjadi semangat dan motivasi sekaligus beban tanggungjawab bagi kita untuk terus meningkatkan pelayanan, infrasruktur dan program-program yang dapat memberikan kenyaman serta perlindungan bagi anak-anak kita di kota Banda Aceh, penghargaan ini juga berkat kerja sama dan dukungan lintas OPD,” ujarnya, usai menerima penghargaan KLA 2023.

Menurutnya, sesuai amanat dan arahan dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga yang menyebutkan sejak 2006 Pemeritah Kabupaten/Kota diseluruh indonesia telah berkomitmen untuk mewujudkan KLA.

Dimana KLA itu juga telah diamanat undang-undang nomor 35/2014 tentang perubahan atas undang-undang nomor 23/2002 tentang perlindungan anak.

“Pemerintah daerah khususnya Pemerintah Kota Banda Aceh berkewajiban dan bertanggung jawab untuk melaksanakan dan mendukung kebijakan nasional dalam penyelenggaran program perlindungan anak,” Kata Cut Azharida.

Ia juga mengatakan bahwa Kota Banda Aceh merupakan satu-satu daerah dari 23 kabupaten/kota di provinsi Aceh yang mendapat penghargaan KLA dari Kemen PPPA katagori Nindya.

“Kota Banda Aceh satu-satunya daerah di Aceh yang mendapat penghargaan kategori Nindya dari Kemen PPPA tahun 2023. Semoga menjadi semangat dan motivasi bagi kami untuk terus meningkatkan pelayanan dibidang perlindungan Anak,” ujarnya optimis.

Ia juga menegaskan Pemerintah Kota Banda Aceh pada tahun ini mampu mempertahankan penghargaan KLA kategori nindya, ia juga berharap tahun depan, Banda Aceh mampu meraih penghargaan yang lebih tinggi.

“Tahun ini Pemerintah Kota Banda Aceh mendapat penghargaan kategori Nindya sama seperti tahun lalu, semoga terus mendapat penghargaan yang lebih tinggi,” harapnya.

Ia juga menjelaskan, kota layak anak merupakan program prioritas Pemerintah Kota (Pemko) Banda Aceh dalam melahirkan generasi yang tangguh, sebab itu, menyediakan kebutuhan anak itu penting.

“Program ini merupakan program unggulan yang terus kita dorong untuk mewujudkan generasi muda yang tangguh, oleh karena itu Pemerintah dalam setiap pembangunan harus mengikut sertakan beberapa aspek yang ramah bagi anak,” pungkasnya.(*)

Komentar