Lolos Sebagai Peserta Pemilu, PAS Aceh Ziarahi Makam Sulthan dan Ulama

Berita154 views

BANDAPOS.COM : Pasca Penetapan Nomor urut 22 oleh KPU Pusat sebagai peserta pemilu tahun 2024, Majelis Pimpinan Pusat Partai Adil Sejahtera (PAS) Aceh menziarahi Maqam Sulthan Iskandar Muda, Sulthan Badrul Munir Jamalullail, Makam syiah Kuala dan Makam Habib Abu Bakar Bil Faqih atau Tgk di Anjong seorang ulama Aceh keturunan Rasulullah Saw yang berperan besar dalam menyebarkan Islam ke Aceh.

Rombongan ziarah partai lokal baru di Aceh ini dipimpin oleh Tu H. Bulqaini Ketua Umum, Tgk H. Muhammad Zikri Sekjend dan bendahara Tgk M. Nizar serta didampingi oleh pengurus wilayah Banda Aceh dan Aceh besar Kamis (22/12/2022) di Banda Aceh.

Kegiatan yang sama bertepatan tanggal 22 Desember 2022 ini, juga dilakukan secara serentak oleh seluruh jajaran pengurus wilayah PAS Aceh lainnya se Aceh. Diantaranya seperti MPW PAS Aceh tamiang dan langsa juga ikut menziarahi makam Raja Tamiang dimana Acara ini juga didampingi langsung oleh ketua dan Sekretaris Mustasyar Pusat yaitu Abi Hidayat dan Waled Rasyidin, kegiatan serupa juga dilaksanakan oleh MPW PAS Aceh Bireuen dengan berziarah ke Makam sultan jumpa dan Bener Meriah yang berziarah ke Makam Raja Lingga Gayo.

Dalam siaran persnya Sekjend PAS Aceh Tgk.Muhammad Zikri mengungkapkan, Ziarah ini dilakukan sekaligus sebagai bentuk tafaul, karena PAS Aceh sebagai partai lokal baru telah disahkan sebagai peserta Pemilu 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat, bertekad untuk mewujudkan dan mengembalikan kejayaan Aceh seperti masa lalu.

Lebih lanjut, Sekjend PAS Aceh Tgk Muhammad Zikri mengatakan, selain menziarahi makam Tgk Dianjong dan Makam Sultan Iskandar Muda sebagai Sultan yang berjaya membangun peradaban Aceh di masa silam, para pengurus PAS Aceh di daerah-daerah kabupaten/kota lainnya juga melakukan hal serupa menziarahi makam-makam Sultan dan ulama di daerah masing-masing.

Sejumlah pengurus PAS Aceh di daerah yang melakukan ziarah pada hari ini seperti PAS Aceh Utara, PAS Bireuen, Langsa, Bener Meriah dan sebagainya.

“Kita tidak mau terputus dengan jejak masa lalu Aceh. Dengan ziarah ini kita ingin bulatkan tekad bahwa PAS Aceh ke depan akan berjuang keras membangun kembali kejayaan Aceh sebagaimana konsep yang dipraktikkan oleh para Sultan dan ulama Aceh di masa silam, “ ujar Tgk Muhammad Zikri.

Sementara itu, dalam ziarah ini Ketua Umum PAS Aceh, Tu Bulqaini memaparkan bahwa ziarah ini dilakukan untuk mengambil tafaul seraya membaca do’a dan mengambil seumpuna di tanggal 22 ini. Dengan harapannya, kata Tu Bulqaini, semoga PAS Aceh dapat diberikan keistiqamahan oleh Allah Swt untuk berjuang mewujudkan kejayaan kembali kejayaan masa lalu Aceh dalam konteks hari ini.

“Sultan Iskandar Muda adalah penguasa Aceh yang berhasil membangun Aceh dengan adil dan mewujudkan kesejahteraan rakyatnya. Di bawah kepemimpinan beliau, kejayaan Aceh dapat diukir bersama dengan Islam sebagai identitas Aceh di masa silam, “ Demikian Tu Bulqaini.(*)

Komentar