Undira Sukses Gelar Monev Penelitian Internal Secara Daring

Berita, Nasional39 views

Bandapos – Sebanyak 55 Judul dosen tetap UNDIRA atas Hibah Penelitian Internal Universitas Dian Nusantara (UNDIRA) oleh di review Jakarta menggelar Kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) terhadap 55 Judul Penelitian yang dilakukan oleh 7 Reviewer Internal dan 10 Reviewer Eksternal seperti Associate Profesor Dr. Yudhi Herliansyah, M.Si., Dr. Mujiono Sadikin, Senior Lecturer Dr. Luki Adiati Pratomo, MM., CMA, 25 November 2023

Kegiatan Monitoring dan Evaluasi (MONEV) dilaksanakan pada tanggal 22-24 November 2023 secara daring (online) dan dibuka secara resmi oleh Dr. Ir. Muhammad Hanafi, MBA, IPU sebagai Direktur LRPM UNDIRA. Hanafi yang juga tercatat sebagai Tenaga Profesional Bidang Sumber Kekayaan Alam di Lemhannas Republik Indonesia dalam pembukaannya menegaskan bahwa Program Pendanaan Riset Internal adalah sesuai Standar Nasional Pendidikan Tinggi yang (SNDIKTI) dan mengacu Permen 53/2023. Dimana pointer-nya mengedepankan pentingnya suatu Perguruan Tinggi memperhatikan keselarasan Bidang Keilmuan maupun Kompetensi seorang Dosen dalam Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Bahkan, keselarasan tersebut wajib mememiliki kesamaan kajian terhadap mahasiswa dikampus, Pungkasnya.

“Justeru jika terdapat ketidasesuaian, segera diperbaiki, Pungkas Hanafi. Riset yang dilakukan dosen, sepatutnya sesuai Rencana Induk Riset Nasional (RIRN) yang telah ditetapkan oleh Pemerintah,” tandasnya.

Keberhasilan MONEV kali ini membuktikan bahwa komitmen UNDIRA dalam upaya meningkatkan standar kualitas penelitian dan menjamin kelangsungan Tridarma Perguruan Tinggi sudah semakin baik, Lanjutnya.

Sementara, mendukung kebijakan kampus UNDIRA yang mengacu kepada peraturan perundang-undangan, Reviewer Eksternal Associate Profesor Dr. Yudhi Herliansyah, M.Si, Associate Profesor Dr. Mujiono Sadikin, dan Senior Lecturer Dr. Luki Adiati Pratomo, MM., CMA menyampaikan bahwa secara mayoritas, presentasi disampaikan dosen cukup baik, terdapat juga riset yang inovatif, namun perlu ditekankan isu-isu kebaruan, kekinian teknologi dan diharapkan agar para peneliti untuk dapat menghindari istilah sekadar “menggugurkan kewajiban”.

Atas kegiatan MONEV ini, Dekan Fakultas Bisnis dan Ilmu Sosial Caturida Meiwanto Doktoralina, Ph.D dan Dekan Fakultas Teknik Informatika Ibu Desi Ramayanti, S.Kom., MT menyampaikan rasa bangga kepada seluruh dosen yang berperan serta aktif. Namun demikian, pemahaman dosen untuk menggali kekuatan riset agar memiliki kesesuaian bidang ilmu dan keahlian yang dimiliki harus sesuai dengan portofolio diri. “Jadikan kegiatan MONEV ini sebagai ajang semangat unjuk keilmuan bersama dengan luaran yang memberikan kontribusi positif dalam upaya untuk keberlanjutan riset ke depan yang memiliki standar keunggulan sesuai Visi, Misi dan Tata Nilai di UNDIRA,” pintanya.

Catur yang juga Tenaga Profesional Bidang Ekonomi dan SKA Lemhannas RI menambahkan bahwa pengukuran atas kualitas penelitian internal akan mendapati dosen yang memiliki kualifikasi baik dalam melaksanakan aktivitas kerjasama (MoU) yang telah dilaksanakan UNDIRA.

“Jadi MoU yang telah dilaksanakan UNDIRA seperti Kampus UIN Ar-Ranniri, UNIMAL dan beberapa kampus Luar Negeri akan terlaksana,” tambahnya.

Dalam Penutupan kegiatan, Direktur LRPM menyampaikan Apresiasi kepada seluruh dosen dan reviewer yang telah berpartisipasi dalam kegiatan. Harapannya luaran dari laporan penelitian ini dapat terealisasi untuk diterbitkan di beberapa jurnal nasional maupun internasional yang disarankan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknolog

“Ini merupakan bukti awal bahwa UNDIRA akan mempersiapkan seluruh pelaku riset yang ready to pick turut membantu secara ilmiah perkembangan di Aceh,” Tutupnya

Komentar