Media dan Kehumasan Berperan Turunkan Stunting

Berita, Kesehatan135 views

BANDAPOS COM: Bagian kehumasan dan media massa mempunyai peran penting dan ujung tombak dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat agar program yang sedang dilakukan dapat berjalan dan mendapat dukungan, khususnya informasi yang terkait dengan pencegahan dan penurunan stunting dalam wilayah provinsi Aceh agar bisa tersampaikan dengan baik.

Hal ini dikatakan oleh Sekretaris Perwakilan BKKBN Aceh Husni Thamrin saat membuka kegiatan pertemuan forum koordinasi kehumasan dalam rangka percepatan penurunan stunting di provinsi Aceh Kamis (10/11/2022) di aula kantor Perwakilan BKKBN Aceh.

“Peran kehumasan dan media sangat penting dalam memberi informasi, edukasi dan bagaimana cara mencegahnya terkait penanganan stunting di Aceh,” ujar Husni Thamrin.

Ia menambahkan, dalam penanganan pencegahan stunting menuju generasi emas di tahun 2045, menurut Husni Thamrin, diperlukan penguatan kualitas SDM bagi generasi muda dengan berbagai hal, termasuk juga penanganan stunting, sebab Aceh termasuk daerah atau provinsi nomor 3 tertinggi angka stunting di Indonesia.

Untuk penanganan percepatan penurunan stunting di Aceh, tentu perlu kerjasama semua unsur, termasuk media, sebab masih ada pemahaman yang salah terkait stunting.

“Kita, BKKBN Aceh terus berupaya supaya stunting turun di Aceh dengan melakukan kampanye perubahan prilaku seperti keluarga yang tidak memperhatikan kebersihan lingkungan atau mengonsumsi air yang kurang bersih,” katanya.

BKKBN Aceh juga melakukan program pra catin, sebab dari pasangan baru ini akan melahirkan anak yang berkualitas dan juga akan stunting tanpa ada pengawalan dan bimbingan dari petugas atau kader KB di daerah.

Sebelumnya, ketua panitia, Asmawi mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan selama 3 hari, mulai tanggal 9 November 2022 hingga tanggal 11 November 2022, yang di ikuti oleh kehumasan kantor BKKBN kabupaten/kota di Aceh dan dari berbagai media.

Ia mengatakan dengan kegiatan ini diharapkan informasi penanganan stunting di Aceh dapat tersampaikan dalam masyarakat, sehingga penurunan stunting di Aceh bisa tercapai dengan baik.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BKKBN Aceh Drs.Sahidal Kastri, M.Pd pada penutupan kegiatan tersebut mengucapkan syukur atas naik peringkat Balai Latihan dan Pengembangan BKKBN Aceh.

Terkait pertemuan forum kehumasan, Sahidal berharap nantinya pemberitaan dan informasi stunting dari media dapat merubah pola pikir keluarga, karena media sangat berperan dan efektif dalam perubahan prilaku masyarakat.

“Tentu harapan kami saling bersinergi dan saling mengambil peran supaya Aceh itu bebas dari stunting dan kemiskinan ekstrim,” tutupnya (*)

Komentar