Mengapa Pemuda Ikut Berpartisipasi pada Pemilu 2024, Ini Penjelasannya

Berita, Politik20 views

BANDAPOS.COM : Wakil ketua DPD Partai Demokrat Aceh HT. Ibrahim ST, MM mengatakan bahwa mendorong partisipasi anak muda Aceh dalam pemilihan umum (pemilu) 2024 dinilainya sangat urgens.

Hal itu kata Ibrahim penting dilakukan oleh partai dalam meningkatkan partisipasi politik generasi muda di daerah ini maupun ditingkat nasional.

Generasi muda buta politik berbahaya, karena buta yang paling buruk adalah buta politik.

“Jangan marah jika kita punya pemimpin buruk, karena yang baik tidak peduli. Jadi jangan salahkan jika daerah ini atawa negara dipimpin oleh pemimpin yang tidak baik karena yang baik tidak ingin berpolitik. Makanya generasi muda jangan lupa untuk berpartisipasi, gunakan hak yang kita miliki,” kata pria yang kerab disapa Ampon Bram ini, kepada awak media, Rabu (26/4/2023).

Menurutnya, hal ini baru dapat dilakukan dengan cara memberikan informasi yang jelas dan mudah dipahami tentang tata cara pemilihan, lalu meningkatkan transparansi dalam proses pemilihan, dan memberikan kesempatan yang sama bagi mereka (Anak muda) yang memiliki niat dan bakat politik sebagai calon untuk bersaing dengan sehat.

Dengan adanya upaya-upaya tersebut, kata anggota DPR Aceh fraksi Demokrat ini diharapkan partisipasi politik anak muda di tingkat daerah maupun nasional dapat meningkat secara signifikan.

Partisipasi politik generasi muda Aceh yang aktif dan terlibat dapat memberikan kontribusi positif bagi pembangunan daerah ini, selain meningkatkan kualitas demokrasi di Aceh maupun Indonesia.

Akhir kata, Partisipasi politik generasi anak muda Aceh atawa di tingkat nasional adalah penting untuk menjaga kualitas demokrasi di daerah Serambi Mekkah ini.

Namun diakui Ampon Bram, meskipun demikian, partisipasi politik pemuda Aceh masih menghadapi banyak tantangan, seperti masalah pendidikan politik, kendala dalam mencari kesempatan politik, dan tantangan dalam mendapatkan dukungan dan pengaruh.

Lantas, dengan adanya upaya- upaya yang tepat, seperti peningkatan pendidikan politik.
Peluang dan akses yang lebih terbuka bagi generasi muda, serta peran aktif dari partai politik, partisipasi politik, ia yakin generasi muda dapat meningkat secara signifikan.

Pada akhirnya kata Ampon Bram yang akan mencalonkan diri ke DPR RI melalui Dapil l Aceh mengatakan kehidupan kita juga akan bergantung pada apa yang kita pilih,” demikian kata HT. Ibrahim.

“Saya sangat berterimakasih atas komentar-komentar Ampon Bram di media ini terutama terkait apresiasi dan motivasinya beliau kepada generasi muda Aceh dan berharap para generasi muda nantinya bisa mempunyai karakter serta tauladan yang baik dalam memimpin daerah dan bangsa ini,” kata seorang tokoh mahasiswa yang namanya tak ingin di tulis.(*)

Komentar