Paparkan Disertasi pada Sidang Terbuka, Kepala MIN 11 Banda Aceh Raih Gelar Doktor

Berita, Peristiwa797 views

BANDAPOS.COM : Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 11 Banda Aceh Dahrina M, S.Ag, MA berhasil mempertahan disertasinya pada sidang disertasi terbuka promosi doktor di hadapan tim penguji dan dinyatakan berhasil meraih gelar doktor ke 244 dilingkungan Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh

Paparan disertasi yang disampaikan oleh Dahrina.M ini, diuji oleh tim penguji yang terdiri dari Prof. Dr Mujiburrahman, M.Ag (Ketua), Dr. Silahuddin, M.Ag (Sekretaris), Prof. Dr.T.Zulfikar.M.Ed (Anggota), Prof Dr.Muhammad AR, M.Ed (Anggota), Dr Nasriah, MA (Anggota), Prof.Saifullah Idris, M.Ag (Anggota), Dr Sehat Ihsan Shadiqin dan Prof.Dr.Warul Walidin, AK, MA.

Disertasi Dahrina.M yang berjudul Strategi Kepala Madrasah Dalam Pengembangan Kinerja Guru Terhadap Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Kota Banda Aceh (Suatu Penelitian pada Madrasah Ibtidaiyah Kota Banda Aceh) di uji oleh Tim Penguji yang berlangsung di Gedung Pasca Sarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh Jumat (7Juli 2023).

Pada kesempatan itu, Promotor Prof. Dr Warul Walidin, M.A membacakan pertanggung jawab akademik atas nama Dahrina M, yang lahir di Aceh Tengah pada 26 Oktober 1974, putri ke empat dari pasangan alm. H. Mude Etjek dan Almh. Hj. Bainar Effendi.

Prof.Dr. Warul Walidin menyebutkan, sebagai salah seorang alumni sekarang Promovendus menjabat sebagai Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 11 Banda Aceh, Promovendus tertarik mengkaji tentang Stretegi Kepala Madrasah dalam Pengembangan Kinerja Guru terhadap Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Kota Banda Aceh (Studi penelitian pada Madrasah Ibtidaiyah Kota Banda Aceh).

Selama perkuliahan di Program Doktor, Promovendus telah memperlihatkan tekad belajarnya yang sangat tinggi di bawah bimbingan dan didikan dari para Guru Besar di Program Studi Pendidikan Agama Islam.

Promovendus telah menjalani proses perkuliahan dan bimbingan disertasi dengan tekun dan serius, dan mengikuti arahan dan masukan-masukan yang diberikan promotor dengan baik, sehingga terwujudlah sebuah disertasi yang akan diuji pada acara promosi yang monumental ini” Sebut Prof. Warul.

Selanjutnya, Promotor memberikan apresiasi yang tinggi kepada Promovendus, ternyata arahan-arahan Promotor secara substantif dan metodologis dalam mengkaji Stretegi Kepala Madrasah dalam Pengembangan Kinerja Guru terhadap Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Kota Banda Aceh (Studi penelitian pada Madrasah Ibtidaiyah Kota Banda Aceh) telah dilaksanakan dengan baik.

Menurut salah seorang penguji Dr Nasriah MA mengatakan untuk meraih promosi doktor itu tidak mudah, apa lagi Dahrina.M selain dapat menyelesaikan studinya dalam kurun waktu (3) Tiga tahun, saat ini juga masih menjabat sebagai salah satu pimpinan Madrasah di Kota Banda Aceh, untuk itu ia menyatakan salut dan bangga atas capaian yang telah di raihnya.

“Saya salut dan bangga kepada Dahrina.M beliau mampu menyelesaikan studinya dalam kurun waktu tiga tahun disamping ia juga masih menjabat Kepala Madrasah di Kota Banda Aceh, karena biasanya tidak banyak dari kaum perempuan yang mampu melanjutkan pendidikan hingga bisa meraih gelar Doktor”. Ungkap Dr.Nasriah, MA. (*)

Komentar