Cegah Praktik Curang, Ombudsman Aceh Pantau Proses PPDB

Berita, Politik98 views

BANDAPOS.COM : Guna mencegah dan menghindari terjadinya pungli dalam proses PPDB, Ombudsman Aceh pantau proses penerimaan peserta didik baru di sekolah tahun ajaran 2023 di wilayah Kota Banda Aceh.

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Aceh Dian Rubianty di Banda Aceh, Selasa (4/4/2023) mengatakan pemantauan tersebut untuk memastikan tidak ada pelanggaran atau maladministrasi dalam proses penerimaan peserta didik baru.

“Kami juga mengingatkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh agar melaksanakan proses penerimaan peserta didik baru sesuai prosedur maupun peraturan yang berlaku,” kata Dian Rubianty.

Sementara itu, tim Ombudsman RI Perwakilan Aceh dipimpin Kepala Bidang Pencegahan Ombudsman RI Perwakilan Aceh Ilyas Isti berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda terkait pemantauan proses penerimaan peserta didik baru di daerah tersebut.

Koordinasi tersebut untuk membangun sinergi agar proses penerimaan peserta didik baru berjalan sesuai aturan berlaku, sehingga tidak terjadi maladministrasi, kata Ilyas Isti.

“Berdasarkan hasil koordinasi kami, proses penerimaan peserta didik baru di Kota Banda Aceh sudah cukup bagus. Bahkan, prosesnya menjadi rujukan nasional. Proses penerimaan peserta didik baru di Kota Banda Aceh dilakukan secara daring dengan sistem zonasi,” kata Ilyas Isti.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh Sulaiman Bakri mengapresiasi pemantauan dilakukan Ombudsman RI Perwakilan Aceh. Pemantauan itu tersebut menjadi pengingat agar pelayanan proses penerimaan peserta didik baru di Kota Banda Aceh lebih maksimal lagi.

“Dalam proses penerimaan peserta didik baru ini kami terbuka. Proses pendaftaran calon peserta didik baru dilakukan secara daring untuk menghindari kontak dengan wali murid. Tujuannya, mencegah praktik curang dalam proses penerimaan peserta didik baru,” kata Sulaiman Bakri.(*)

Komentar