Dr. Nasrul Zaman: Rumoh Gedong Harus Jadi Situs Sejarah Pengingkaran Kemanusiaan

Berita, Peristiwa59 views

BANDAPOS.COM : Pengamat sosial Dr. Nasrul Zaman meminta pemerintah dan seluruh pihak terkait untuk tetap menjadikan Rumoh gedong sebagai situs sejarah sebagai bentuk pengingat pada generasi berikutnya tentang sejarah pengingkaran kemanusiaan di Aceh.

“Rumoh gedong harus dirawat bukan hanya fisiknya tetapi juga sejarahnya di masa damai ini oleh semua pihak, bukan hanya Aceh tapi juga Indonesia,” kata Nasrul Zaman melalui rilisnya, Sabtu (24/6/2022).

Nasrul mengharapkan semua pihak harus punya semangat dan sepakat bahwa tragedi rumoh gedong adalah kisah kelam Aceh masa lalu yang tidak boleh terulang kapan dan dimanapun di indonesia.

“Kita sebagai manusia tidak hanya belajar dari kejadian masa kini tapi juga dari sejarah lalu yang bisa menuntun kita untuk berkehidupan lebih baik dalam relasi sesama manusia bahkan relasi dengan alam,” ujar Nasrun.

Oleh karena itu—katanya— kita semua termasuk Bupati Pidie untuk bisa terus merawat akal sehat dan hati yang bening. kejadian Rumoh Gedong hal penting untuk mengingat bahwa kita pernah salah dan alpa, terutama di Pidie pernah terjadi tragedi kemanusiaan yang parah.(*)

Komentar