Hadapi Pemilu 2024, Pemerintah Siapkan Anggaran Rp 25 Triliun

Berita, Politik117 views

BANDAPOS.COM : Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyebutkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) mendukung penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak tahun 2024 dengan alokasi sebesar Rp25,01 triliun untuk tahun anggaran 2022 dan 2023.

Angka tersebut bersifat sementara karena alokasi untuk tahun anggaran 2024 masih dalam penghitungan.

“APBN mendukung Pemilu. Anggarannya kita sediakan memadai dan tentu tetap dengan prudent (bijaksana). Makanya kita selalu sampaikan, kita dukung proses Pemilu 2022, 2023, dan 2024 nanti,” ungkap Menkeu pada Kuliah Umum Media Indonesia di Jakarta, Jumat (3/2/2023).

Secara rinci, alokasi anggaran tersebut meliputi sebanyak Rp15,49 triliun untuk Komisi Pemilihan Umum (KPU), sebesar Rp6,91 triliun untuk Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), dan senilai Rp2,61 triliun untuk Kementerian/Lembaga.

Dalam kesempatan tersebut, Sri Mulyani menyampaikan Pemilu Serentak 2024 akan diikuti 18 partai nasional dan 6 partai lokal Aceh, seluruhnya diharapkan masuk dalam arena kompetisi politik untuk menawarkan kepada bangsa dan masyarakat sebuah masa depan Indonesia dengan tata kelola yang baik dan pilihan-pilihan kebijakan yang baik.

Pemilu merupakan wujud sistem demokrasi yang disepakati oleh Indonesia. Maka dari itu, perbedaan di dalamnya harus diwadahi dalam sebuah demokrasi yang baik dan harus dijaga dengan baik.

Pada tahun ini, Indonesia sudah memasuki tahun politik yang seharusnya dijadikan upaya mematangkan demokrasi dan memperkokoh persatuan bangsa.

Dengan demikian, dirinya meyakini proses demokrasi ini dapat memberikan hasil yang lebih baik bagi bangsa dan rakyat Indonesia. Dengan tetap menjaga persatuan dan kesatuan, hasil Pemilu yang ditetapkan akan membawa Indonesia menjadi maju.

“Kita berharap semuanya yang akan masuk dalam arena kompetisi politik, semuanya adalah yang akan menawarkan pada bangsa dan rakyat kita sebuah masa depan Indonesia dengan tata kelola yang baik dan dengan pilihan-pilihan kebijakan yang baik, karena ini adalah negara kita sendiri. Besar, kecil, jatuh, bangun, rusak, maju tergantung dari kita,” pungkasnya.(sumber:kolomnews.com)

Komentar