Dinkes Aceh Himbau Masyarakat Pahami Gejala Polio

BANDAPOS.COM :  Pemerintah Aceh melalui kepala Dinas Kesehatan Aceh dr. Hanif menghimbau kepada masyarakat agar mengambil Langkah cepat untuk mengenali gejala penyakit polio.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menganalisis ada 30 provinsi di Indonesia yang masuk dalam kategori high risk atau berisiko tinggi penyebaran virus polio. Kendati, WHO menganalisa ada 4 provinsi di Indonesia yang berstatus minim high risk penyebaran polio. Keempat provinsi itu yakni Sumatera Selatan, Banten, Bali dan DI Yogyakarta.

Kepala Dinas Kesehatan Aceh dr. Hanif menjelaskan, walaupun Aceh tidak termasuk dalam 4 provinsi yang berstatus minim high risk penyebaran polio, akan tetapi kita harus mengetahui gejala dan factor timbulnya penyebaran dan penularan penyakit Polio, seperti kurangnya imunisasi dan kurang menjaga pola hidup sehat.

“kita harus meningkatkan imunisasi rutin Oral Polio Vaccine (OPV) dan inactivated Polio Vaccine (IPV) dan imunisasi lainnya pada anak, kita juga harus meningkatkan dan menjaga pola hidup bersih sehat dilingkungan sekitar, dan menguatkan imunitas anak, serta meningkatkan Langkah preventif dan Promotif,” ujar Kadis Kesehatan Aceh dr.Hanif.

Beliau menambahkan, penyebaran dan penularan Polio disebabkan oleh beberapa factor diantaranya yaitu, Lingkungan yang tercemar oleh tinja melalui air dan tanah terutama disuhu dingin dan tidak terpapar matahari.

“Maka oleh sebab itu Buang Air Besar (BAB) sembarangan bisa juga berperan dalam penyebaran penyakit Polio, kurangnya penerapan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) juga akan berperann dalam penyebaran polio,” kata dr.Hanif.(*)

Komentar