Kelola Air Bersih dan Sampah, Pj Walikota Jajaki Kerjasama Perusahaan Korsel

Berita, Nasional222 views

BANDAPOS.COM : Pj Walikota Banda Aceh Amiruddin melakukan pertemuan dengan delegasi perusahaan asal Korea Selatan, The Zone Co Ltd di ruang kerjanya di balai kota, Selasa (15/08/2023).

Hadir dalam pertemuan tersebut, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kepala DLHK3, Dirut PDAM Tirta Daroy, Kabag Perekonomian dan Sumber Daya Alam serta Kabag Pemerintahan. Sementara dari perusahaan The Zone Co.Ltd, hadir Mr. Gelasius Kim selaku direktur perusahaan.

Melalui fasilitator dan penerjemah, diketahui maksud kedatangan perusahaan asal negeri ginseng tersebut adalah terkait dengan ketertarikan mereka untuk melakukan investasi di Kota Banda Aceh.

The Zone Co.Ltd merupakan perusahaan yang bermarkas di Seoul, Korea Selatan dan merupakan anak perusahaan dari KEPCO (Korea Electric Power Corporation), perusahaan yang bertanggung jawab atas 93% dari pembangkit listrik Korea.

Dikatakan bahwasanya ketertarikan investasi perusahaan The Zone Co.Ltd berawal dari rencana pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di beberapa kawasan di Aceh. Selanjutnya setelah melakukan penjajakan terhadap kondisi Kota Banda Aceh rencana investasi berkembang ke pengelolaan air bersih (pengubahan air laut menjadi air bersih) dan pengelolaan sampah menjadi pembangkit listrik.

Menanggapi hal tersebut, Pj Walikota Amiruddin menyambut baik kehadiran investor asal Korea Selatan The Zone Co.Ltd yang diharapkan dapat mengembangkan potensi yang dimiliki Banda Aceh.

“Kota Banda Aceh memang masih membutuhkan banyak sentuhan. Terutama dalam upaya pengelolaan sampah dan juga penyediaan air bersih yang memang dibutuhkan penanganan serius,” ujar Amiruddin.

Ia pun berharap rencana investasi ini dapat benar-benar terealisasi, agar kehadiran investor asing dapat memberikan kontribusi terhadap pendapatan daerah dan memberikan manfaat bagi masyarakat Kota Banda Aceh.(*)

Komentar