Jelang HPN 2023, Pengurus Daerah AWPI se Indonesia di Kukuhkan

Berita, Nasional131 views

BANDAPOS.COM : Dewan Pengurus Pusat Asosiasi Wartawan Prefesional Indonesia (DPP AWPI) melantik dan mengukuhkan pengurus daerah baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota se Indonesia secara kolektif yang berlangsung di Jakarta Senin (6/2/2023).

Hal ini dikatakan oleh Ketua DPD AWPI Aceh Desi Anara Desky kepada wartawan anggota dan pengurus AWPI Aceh di Banda Aceh Minggu (4/2/2023) dalam rangka menyambut Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023 di Sumatera Utara.

“Mari kita jadikan Hari Pers Nasional ini sebagai momentum untuk mengevaluasi dan makin mengoptimalkan kualitas produk jurnalistik sehingga masyarakat selalu yakin dan percaya kepada informasi yang kita sampaikan melalui media baik cetak, online juga media elektronik lainnya”. Sebut Desi

Apa lagi tambahnya, saat ini orang menggunakan media sosial (medsos) untuk mengupdate informasi yang belum tentu terdapat kebenarannya, karena tidak melakukan croscek dan mengkonfirmasi lebih lanjut setiap ada kejadian.

Untuk itu, lanjut Desi Anara pada peringatan HPN tahun 2023 ini, Pengurus AWPI se Indonesia dilakukan pelantikan dan pengukuhan yang disertai beberapa agenda kegiatan termasuk diskusi etika jurnalistik, dan pemberitaan cyber serta tindak lanjut MoU antara Dewan Pers dan Polri sehingga nantinya informasi kerjasama ini dapat diterima dengan baik oleh kedua belah pihak dalam rangka meningkatkan pembangunan nasional.

Menurut Desi Anara Desky yang juga tercatat sebagai pengusaha muda yang mengelola beberapa perusahaan yang bergerak di bidang distributor tunggal dan destinasi wisata, menariknya dalam pengukuhan dan pelantikan pengurus baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota masing-masing daerah menggunakan baju adat sebagai bentuk keberagaman dan kebenikaan tunggal Ika dengan kata lain walau berbeda, namun tetap satu Indonesia.

Menjawab awak media soal soal berapa provinsi yang telah terbentuk pengurus AWPI, Desi Anara menerangkan hingga saat ini AWPI sudah terbentuk 24 DPD Provinsi dari 34 Provinsi yang ada di Indonesia dan Insya Allah tak lama lagi AWPI juga sudah menjadi konstituwen Dewan Pers.

Sementara itu Sekretaris Umum DPD AWPI Aceh Maimun A.Hamid, S.Ag menambahkan sesuai amanah dalam aturan rumah tangga organisasi Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia bahwa perlu dibentuk Dewan Pengurus Cabang untuk Kabupaten/Kota, maka dalam waktu dekat ini tingkat DPC pun akan segera dibentuk di seluruh Aceh.(*)

Komentar