Pasca Rakernas, AWPI Segera Menjadi Anggota Dewan Pers

Berita, Nasional226 views

BANDAPOS.COM : Momentum peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023 yang diselenggarakan di Medan Sumatera Utara, menjadi tonggak sejarah tersendiri bagi Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia (AWPI) sebab pasca Rakernas dan perayaan HPN segera mendaftarkan diri menjadi salah satu organisasi pers di Dewan Pers.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Umum DPP AWPI Hengki Ahmad Jazuli yang didampingi Sekjend Hendaryanto kepada awak media pada saat jumpa pers usai menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas I) AWPI Selasa (7/8/2023) di Hotel Jayakarta, Jakarta.

Hengki menyebutkan saat ini Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia (AWPI) yang lahir pada tahun 2013 lalu sudah membentuk kepengurusan 24 Dewan Pimpinan Daerah tingkat provinsi dan 64 DPC atau tingkat kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Terkait dengan hal itu, ia merincikan, bahwa jika dilihat dari jumlah Kepengurusan dari provinsi hingga kabupaten/kota, maka total jumlah anggota sudah mencapai 1500 kartu tanda anggota (kta).

Sementara persyaratan untuk mendaftar sebagai anggota Dewan Pers kata Hengki, adalah 500 Kartu Tanda Anggota dan Kepengurusan cukup 10 DPD atau setingkat provinsi. Dengan begitu sudah memenuhi sebagaimana yang dipersyaratkan oleh Dewan Pers untuk mendaftar menjadi anggota Dewan Pers.

“Nah kita saat ini jika dilihat dari data yang ada pasca rakernas yang pertama ini, maka persyaratannya sudah melampaui, untuk itu sesuai harapan kawan-kawan anggota dan pengurus AWPI di seluruh Indonesia apa lagi masih dalam suasana perayaan Hari Pers Nasional (HPN) kita segera mendaftar sebagai anggota di Dewan Pers”. Jelas Hengki.

Selain itu, Hengki Ahmad Jazuli yang juga sebagai penguji wartawan utama di dewan pers mengatakan, menyangkut dengan pendidikan dan pelatihan terhadap wartawan anggota AWPI ada beberapa butir yang telah disepakati di rakernas diantaranya, menyiapkan Badan Diklat untuk melatih memberi perbekalan dan pengetahuan kepada anggota jurnalis untuk kemudian disiapkan menjadi wartawan yang mempunyai kompeten walau nantinya secara bertahap. Ucapnya.

Lebih lanjut Hengki Ahmad Jazuli mengatakan, terkait dengan wartawan yang harus mengikuti Ujian Kompetesi khususnya bagi wartawan anggota dan pengurus AWPI, saat ini DPP AWPI sudah
menjalin kerjasama dengan Universitas Prof. Dr. Moestopo bertujuan meningkatkan kompetensi bagi para wartawan.

Dalam kerjasama tersebut tambah Hengki Universitas Prof. Dr. Moestopo menyediakan fasilitas dan kesempatan dalam proses pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW). Kemudian memberikan kesempatan kepada Para Wartawan AWPI untuk Studi Lanjut (S1) di FIKOM UPDM. Demikian Hengki Ahmad Jazuli (mun)

Komentar