Ribuan Anak-Anak di Aceh Mendapat Tetes Polio Dosis Kedua Target di putaran kedua ini juga sama seperti putaran pertama yaitu 1.2 juta anak

BANDAPOS.COM: Dinas Kesehatan (Dinkes) Aceh sampai akhir tahun 2022 telah memberikan tetesan polio dosis kedua kepada lebih dari 880.771 atau 72,3 persen.

Pemberian tetes manis polio putaran kedua itu diberikan setelah memenuhi interval minimal 28 hari sejak pemberian dosis pertama.

“Ada sekitar 880.771 anak sudah mendapatkan tetes polio dosis kedua selama pelaksanaan Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) polio di Aceh.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Aceh, Iman Murahman, awal Februari 2023 menyebutkan bahwa pemberian tetes polio ini harus dilakukan minimal dua kali agar dapat terbentuk kekebalan dari serangan virus polio yang sangat berbahaya.

Menurut Iman, angka tersebut merupakan total dari target 1,2 juta anak usia 0-12 tahun yang dijadwalkan mendapatkan imunisasi polio dosis kedua.

“Nah, data itu merupakan capaian dari beberapa daerah di Aceh seperti Kabupaten Bener Meriah, Aceh Tengah, Aceh Timur, Aceh Singkil Aceh Barat yang telah mencapai di atas 95 persen,” ungkapnya.

Kemudian, Aceh Tamiang, Gayo Lues, Pidie, Aceh Tenggara, Aceh Barat Daya dan Nagan Raya dan Aceh Selatan yang capaiannya sudah diatas 85 persen, serta beberapa daerah lainnya dengan capaian beragam.

“Target di putaran kedua ini juga sama seperti putaran pertama yaitu 1.2 juta anak,” urai Iman.

Masih kata Iman, saat ini, ke 23 kabupaten/kota di Aceh sudah mulai melaksanakan Sub PIN polio dosis kedua sebagai respon dari Kejadian Luar Biasa KLB) kasus polio di Aceh, yang kemudian di PidieĀ  ditemukan 1 (satu) kasus pada tahun lalu.(*)

Komentar