Dinilai Berkinerja Baik Sektor Informasi, Distanbun Aceh Raih Anugerah KIP

Berita, Daerah87 views

BANDAPOS.COM : Dinas Pertanian dan Perkebunan atau Distanbun Aceh kembali meraih Predikat Informatif pada Anugerah Keterbukaan Informasi Publik dengan kualifikasi tertinggi dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2022 yang diumumkan oleh Komisi Informasi Aceh (KIA).

Nilai yang didapat oleh Distanbun Aceh sebesar 96 atau dapat dikatakan sebagai peringkat kelima untuk kategori SKPA tahun 2022.

Penghargaan tersebut diserahkan Pj Gubernur Aceh, Achmad Marzuki yang diwakili Staf Ahli Gubernur Bidang Keistimewaan Aceh, Iskandar Syukri, dan Wakil Ketua Komisi Informasi (KI) Pusat, Arya Sandhiyudha, di Gedung Serbaguna Setda Aceh, Banda Aceh, Rabu (30/11/2022).

Pada kesempatan itu, Kadistanbun Aceh, Ir Cut Huzaimah MP, melalui Sekretaris, Azanuddin Kurnia SP MP kepada wartawan mengatakan, pihaknya sangat bersyukur dan ini adalah rahmat Allah buat keluarga besar Distanbun Aceh.

Menurut Azanuddin, penghargaan ini didapat tak terlepas dari arahan dan kerja keras Kadistanbun Aceh, Ir Cut Huzaimah MP, dalam mengarahkan seluruh jajarannya untuk selalu bekerja disiplin dan profesional

Dia menjelaskan, kinerja Distanbun Aceh khususnya pada sektor informasi tahun ini naik satu peringkat dari tahun sebelumnya.

“Nah untuk itu, kami akan terus berusaha untuk menyampaikan informasi-informasi yang bersifat secara berkala maupun yang serta merta bila itu dibutuhkan tentu sejauh tidak ada data yang dikecualikan,” terang Azan.

Selama ini menurut Azanuddin, informasi yang didapat dan ditampilkan pihaknya tidak lepas dari kerja sama antar bidang dan UPTD yang dikelola oleh Subbag Program.

Ia juga menambahkan bahwa dalam pengelolaan informasi ini dikelola oleh PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) Pembantu berdasarkan Keputusan Kepala Distanbun Aceh.

Secara garis besar, struktur PPID Distanbun Aceh, Kadis sebagai Pengarah, Sekdis sebagai Ketua Tim, Sub Koordinator Program, Monev, Data dan Informasi (Robi Anandra Valentino) sebagai Wakil Ketua.

Struktur ini juga dibantu oleh tiga bidang.
Pertama, Bidang Pengolahan Data dan Klasifikasi Informasi dengan Koordinator Zulfikar.

Kedua Bidang Pelayanan Informasi dan Dokumentasi dengan Koordinator Mahyir Zainah.

Ketiga Bidang Fasilitasi Sengketa Informasi dengan Koordinator Saifullah.

Keberhasilan meraih penghargaan ini, tidak terlepas dari inovasi dan kreativitas rekan-rekan Tim PPID dan dari Bidang maupun UPTD. “Kami memberikan apresiasi kepada seluruh Tim yang terlibat baik dari Bidang maupun UPTD,” katanya.

Ke depan, pihaknya juga akan terus berusaha, terutama dengan teknologi bagaimana menyampaikan informasi dengan cepat dan mudah dimengerti. Tutup Azanuddin (*)

Komentar