Kerja Wartawan Mulia Dalam Menjaga Kedamaian Bangsa, Bukan Menakuti

Berita, Politik88 views

BANDAPOS: Tugas seorang wartawan sangat mulia dari segala sisi terutama dalam menjaga kedamaian bangsa sekaligus menjaga kedaulatan negara, bukan menakuti apalagi menyakiti pihak lain untuk kepentingan pribadi kelompok dan sekutunya.

“Tugas wartawan yang diatur dalam undang-undang pokok pers nomor 40 tahun 1999 sangat jelas, disana diterangkan bahwa pekerja pers itu mulia dan bekerja dengan hati nurani untuk kepentingan bangsa dan negara, bukan untuk mencari keuntungan bagi diri sendiri, kelompok atau sekutunya,” kata Ketua Dewan Pers 2010-2016 Prof Dr H Bagir Manan, SH, MCL pada seminar Bela Negara di gedung Nusantara V DPR-RI Jakarta, Selasa (19/12/2023).

Menurut Prof Dr H Bagir Manan, SH, MCL meskipun ada undang-undang yang mengatur tentang kebebasan pers namu, ungkap mantan Ketua Mahkamah Agung (MA) ini, tidak ada seorang wartawan bisa bebas sebebas-bebasnya karena setiap wartawan ada tanggungjawabnya dalam menulis beritanya.

“Wartawan yang sesungguhnya itu dia bekerja dengan tulus, sesuai fakta, profesional, sumber yang jelas dan mengedepankan kepentingan rakyat dan negara, serta bahasa yang mendidik. Bukan asal tulis itu namanya ada kepentingan pribadi, kelompok atau kroninya,” ujar Profesor senior ini.

Lebih lanjut profesor Bagir Manan menjelaskan, kebebasan pers hanya ada dialam demokrasi dan negara yang memegang teguh hukum sebagai pedoman, jadi seorang wartawan harus paham dan wajib mengedepankan kebajikan untuk orang lain bukan kepentingan pribadi.

Hasil kerja seorang wartawan adalah produk intelektual maka jurnalis harus selalu berada dalam lingkungan atau atmosfir intelektual. Jika seorang pekerja pers bekerja diluar lingkungan dimaksud itu bukan hasil karya jurnalis melainkan kerja oknum yang mengaku wartawan,” imbuhnya.

Sarjana hukum senior ini mengajak insan pers untuk bekerja dan mengahasilkan karya-karya terbaik dan penuh edukasi, dengan demikian masyarakat selaku pembaca kedepan semakin cerdas dalam mengartikan setiap kata terutama informasi-informasi terkait keamanan dan kehidupan masyarakat.

“Sebagai bangsa yang baik siapapun didalamnya terutama pekerja pers harus mampu memberi karyanya yang baik bagi pembangunan, kesejahteraan dan keamanan negara. Karena setiap warga negara Indonesia wajib membela negeri ini,” tutup Bagir Manan.(*)

Komentar