Kunjungi Sejumlah Sekolah, Pj Walikota Dukung Gerakan Transisi PAUD ke SD

Berita, Politik28 views

BANDAPOS.COM : Pj Walikota Banda Aceh Amiruddin mengunjungi Sekolah Dasar (SD) Negeri 30 dan TK Negeri 6 Banda Aceh, dalam rangka sosialisasi gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan, Rabu, (26/7/2023).

Dalam kunjungan itu, turut hadir Asisten Pemerintahan dan Kesra Bachtiar, Kadisdikbud Sulaiman Bakri, Ketua Pokja Bunda PAUD Provinsi Aceh Mellani Subarni, Bunda PAUD Kota Banda Aceh Wardiati, dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemko Banda Aceh.

Pj Walikota mengatakan kunjungan hari ini adalah bentuk dukungan Pemko Banda Aceh dengan melihat secara langsung pengenalan lingkungan sekolah pada dua minggu pertama dalam rangka transisi PAUD-SD yang menyenangkan.

“Alhamdulillah kita sama-sama memantau sekaligus mensosialisasikan pengenalan lingkungan sekolah di SDN 30 dan TK 6 Banda Aceh. Alhamdulillah berjalan dengan lancar, dan kita terus mendukung serta mensosialiasi gerakan ini,” katanya.

Amiruddin juga mengatakan, transisi PAUD ke SD untuk menyelaraskan pembelajaran yang bertujuan agar peserta didik PAUD tidak perlu melakukan banyak penyesuaian saat berpindah menjadi peserta didik, dan peserta didik SD yang tidak mengikuti PAUD, tetap dapat terpenuhi haknya untuk mendapatkan pembinaan kemampuan fondasi yang holistik.

“Di antaranya pembinaan mengenai nilai agama dan budi pekerti, keterampilan sosial dan bahasa, kematangan emosi, keterampilan motorik dan perawatan diri, serta kematangan kognitif untuk mengikuti kegiatan pembelajaran,” kata Amiruddin.

Sedangkan Ketua Pokja Bunda PAUD Provinsi Aceh Mellani Subarni mengatakan bahwa proses transisi PAUD ke SD di Kota Banda Aceh sudah berjalan dengan baik atas dukungan dari Pemerintah Kota Banda Aceh dan sejumlah pihak.

“Kami melihat gerakan transisi PAUD ke SD di Kota Banda Aceh sudah berjalan dengan baik dan sukses, dan tentunya harapan kita juga sukses di seluruh Provinsi Aceh,” kata Melani Sunarni.

Hal senada disampaikan oleh Bunda PAUD Kota Banda Aceh Wardiati yang menyampaikan laporan terkait sosialisasi dan tinjauan terkait gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan tersebut.

“Dalam beberapa hari ini kita telah mengunjungi sejumlah sekolah, dengan rincian dua sekolah dalam satu hari. Ini kita lakukan dari hari pertama masuk sekolah, dan kita berharap gerakan ini akan melahirkan generasi cerdas nantinya,” harap Wardiati.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Pokja Bunda PAUD Provinsi Aceh Mellani Subarni turut menyerahkan panduan gerakan transisi PAUD ke SD kepada Pj Wali Kota Banda Aceh.(*)

Komentar