Majelis Tastafi Gelar Muktamar, Abu Mudi Sampaikan Tausyiah

Berita, Daerah376 views

BANDAPOS.COM : Majelis Pengajian Tasawuf, Tauhid dan Fiqh (Tastafi) menggelar Muktamar ke -1 di Dayah Mudi Mesra Samalanga. Muktamar ini mengusung tema “Memperkuat Pemahaman Tauhid, Fikih dan Tasawuf dalam rangka menjaga Aqidah dan Amaliah Ummat”.

Kegiatan yang berlangsung pada pagi Minggu, 19 Maret 2023 ini dibuka dan diawali dengan Tausyiah oleh pembina dan pendiri Majelis Tastafi yaitu Syaikh H Hasanul Basri (Abu Mudi) dan dihadiri oleh pengurus Majelis Tastafi Pusat dan kabupaten kota se-Aceh serta luar Aceh.

Sekretaris Umum Majelis Tastafi Pusat, Dr. Tgk Muntasir A. Kadir mengatakan, Muktamar ini penting diselenggarakan sebelum ramadhan karena sejumlah pertimbangan. Tgk Muntasir mengatakan Muktamar ini bertujuan mengokohkan soliditas pengurus Tastafi dalam menyukseskan agenda-agenda dan program organisasi.

“Selain tausyiah Abu Mudi, Muktamar ini akan membahas agenda program-program Tastafi dan evaluasi kinerja kepengurusan yang sudah berjalan dan agenda ke depan serta pemilihan ketua baru, “ ujar Tgk Muntasir yang juga pimpinan Dayah Jami’ah Al-Azziyah ini.

Sementara itu, Abu Mudi dalam tausyiahnya mengatakan bahwa Muktamar ini penting diselenggarakan karena harapan agar pengajian Tastafi bisa sampai hingga ke pelosok-pelosok desa bahkan hingga mancanegara.

“Kalau kita lemah dalam dakwah ini, maka kita harus memahami bahwa aliran-aliran sesat selalu ingin melemahkan aqidah ummat selalu semangat dalam agenda mereka, “ ujar Abu Mudi.

Selain itu, Abu Mudi juga menyampaikan harapannya antara lain yaitu agar Majelis Tastafi dapat memperkuat ekonomi Syari’ah di Aceh.

Sejumlah ulama hadir dalam Muktamar ini seperti Tgk. H. Faisal Ali, Ketua MPU Aceh yang juga pengurus Tastafi, Abah Sayed Mahyeddin, Abiya Anwar Usman ,Tgk H Faisal Abdullah Aceh Jaya, Waled Jafar Lhoknibong, Tgk. H. Muhammad Amin (Ayah Cot Trueng, Waled Jafar Tangse.

Selain itu, hadir juga Tgk H. Rasyidin Ahamad (Waled Nura), Tgk Zahrul Mubarrak (Abi Mudi), Abati Syakya, Waled Munir Kiran, Abah Zarkasyi, Dr. Tgk. Jabbar Sabil, MA, Dr. Tgk. H. Muhammad Hatta (Abiya Hatta), Waled Muhibban, Tgk H. Jarjani (Abiya Utue), Waled Jalaluddin Krueng Geukueh, Abi Muhammad Aceh Besar dan sebagainya.
Selain itu juga dihadiri Ketua Umum Rabithah Thaliban Aceh (RTA) Tgk Marbawi Yusuf, Ketua Umum Ikatan Sarjana Alumni Dayah.(*)

Komentar