UPTD IBI Disnak Aceh Gelar “Training Series Peternakan”

Berita, Kesehatan93 views

BANDAPOS.COM : UPTD Inseminasi Buatan dan Inkubator (IBI) Dinas Peternakan Aceh menggelar “Training Series Peternakan” Rabu (18/1/2023) di komplek UPTD IBI Saree.

Series pertama ini bertemakan “Manajemen Pakan Sapi” dengan narasumber DR. Hendra Saputra, S. Pt, MM selaku Kepala UPTD IBI dan drh. Nurwahidi sebagai praktisi.

Kegiatan tersebut diikuti oleh peserta dari mahasiswa magang Universitas Islam Kebangsaan Indonesia (UNIKI) Bireuen, mahasiswa Ko-Asistensi FKH Universitas Syiah Kuala (USK) dan Pamhut Tahura Pocut Meurah Intan Saree.

Usai pemaparan materi acara dilanjutkan dengan praktik langsung membuat pakan fermentasi, UMMB dan mineral blok. Tampak peserta sangat antusias mengikuti hingga kegiatan selesai.

Kepala UPTD IBI Dinas Peternakan Aceh DR.Hendra Saputra, S.Pt.MM pada kesempatan itu menuturkan, bahwa Training Series ini merupakan kegiatan rutin bulanan pada setiap rabu minggu ke-2 di UPTD IBI, dengan berbagai tema seminar dan pelatihan manajemen peternakan.

Adapun Pemateri Training Series diundang dari berbagai kalangan akademisi, birokrat, dan praktisi dibidangnya.
Training Series ini bertujuan sebagai wadah berbagi ilmu dan pengalaman dalam pengembangan peternakan khususnya di Aceh.

Zulfadli salah satu peserta pelatihan mengucapkan terimakasih kepada Dinas Peternakan dan pemateri, karena telah memberikan kesempatan untuk mengikuti pelatihan pembuatan pakan ternak ini.

“Selama ini, saya tidak tahu bagaimana caranya membuat pakan fermentasi, UMMB dan mineral blok. Dengan mengikuti pelatihan ini, semoga saya dapat membuat dan mengolah pakan ternak dari bahan baku lokal yang ada disekitar tempat tinggal saya”, sebut Zulfadli.

Sementara itu, Zalsufran, ST, M.Si Kepala Dinas Peternakan Aceh menyampaikan bahwa “Training Series” ini merupakan salah satu program kegiatan Dinas Peternakan Aceh untuk meningkatkan kapasitas SDM dari pelaku usaha peternakan khususnya peternak yang berada di Aceh. Ia juga menyampaikan kegiatan “Training Series” ini akan menjadi agenda rutin Dinas Peternakan Aceh.(*)

Komentar